Musyawarah Menyikapi Mudik Lebaran 2021 di Tengah Pandemi Covid-19

30/4/2021 di Balai Desa Domas dilaksanakan Musyawarah antara Pemerintah Desa Domas dengan Unsur Jogo Tonggo dan Satgas Destana (Desa Tangguh Bencana).

Musyawarah ini dilaksanakan dengan tujuan melakukan koordinasi dalam menghadapi Mudik 2021 di tengah Pandemi Covid-19. Sebagaimana diketahui, bahwa tak lama lagi akan memasuki bulan syawal (lebaran) yang identik dengan tradisi mudik, yang tentu saja mengundang potensi pergerakan masyarakat dari kota ke desa. Hal ini tentu saja meningkatkan resiko penyebaran Covid-19.

Dalam musyawarah ini, Bapak Kepala Desa Domas, Agus Edi Purnomo, S.IP. menghimbau Satgas Jogo Tonggo yang terdiri dari para Ketua RW dan Ketua RT untuk mulai aktif dalam mendata warganya yang mudik, dengan melakukan screening. Dibantu oleh Satgas Destana, diharapkan arus pergerakan masyarakat dari luar desa dapat terus terpantau. Dengan kebijakan, bagi pemudik yang dalam kondisi sehat, harus karantina mandiri dengan isolasi di rumah selama 3 hari. Sedangkan bagi pemudik yang terdapat gejalan sakit batuk, pilik, demam, agar segera disarankan untuk ke Puskesmas Kecamatan Bulukerto.

Dengan diadakannya musyawarah yang intensif seperti ini, diharapkan koordinasi dapat berjalan dengan baik, sehingga penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 di Desa Domas dapat dikendalikan semaksimal mungkin

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan